Selasa, 26 Desember 2017

Aneka Paket Listrik Tenaga Matahari

ad300
Advertisement
Sumber foto: www.solarinstallationpanel.blogspot.com
Sumber foto: www.sunlabob.com


Solar Home System (SHS) adalah salah satu pengembangan teknologi PLTS skala kecil yang diterapkan untuk sistem penerangan rumah. Output dari SHS tidaklah sebesar PLTS, namun cukup untuk memenuhi beban listrik rumah tangga. Rumah yang tersebar di kepulauan Indonesia dan belum terlistriki oleh PLN sangat cocok memanfaatkan SHS. Seiring berkembangnya teknologi, sudah banyak produsen yang mengeluarkan produk SHS dalam aneka paket. Namun sebelum memilih paket SHS, perhitungan beban minimal rumah tangga dan tegangan standar yang dipakai di semua peralatan listrik patut diperhitungkan.


Besar beban listrik rumah tangga tergantung dari berapa banyak peralatan listrik yang dipakai. Di Indonesia, khusunya kota besar, beban minimal lebih besar dibanding pedesaan karena bertambahnya kebutuhan seperti pendingin (AC), kulkas, komputer, mesin cuci, dan lainnya. Trend beban puncak pun berbeda, seperti di pusat Jakarta terjadi pada siang hari, sedangkan di perumahan pinggiran Jakarta terjadi pada malam hari.

Besarnya beban listrik dapat dihitung dengan menghitung besar daya peralatan listrik (watt) dikalikan jumlah pemakaian (jam atau hour) dan setelah itu dijumlahkan keseluruhan (watt hour). Sebagai contoh, jika sebuah rumah memiliki sebuah mesin cuci dengan daya 500 watt dipakai setiap hari selama 2 jam dan 2 buah lampu berdaya 8 watt menyala selama 6 jam setiap harinya, maka total dayanya adalah (500 W x 2 jam) + (2 lampu x 8 W x 6 jam) = (1000 Wh) +(96 Wh) =1096 Wh atau 1,096 kWh. Semakin banyak dan lama pemakaian peralatan listrik, semakin besar daya yang dibutuhkan, dan semakin besar juga kapasitas PV yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas PV, luas area untuk pemasangan PV juga semakin besar, atau panel PV tidak begitu besar tapi berharga mahal. Pemasangan dan pemilihan kapasitas PV pada akhirnya menyesuaikan ukuran atap rumah karena pertimbangan tidak akan terjadi shadowing (terkena bayangan) yang bisa membuat output PV berkurang.



Paket PV SHS yang ada dipasaran saat ini memiliki kapasitas sampai 200Wp (Watt peak), dengan pertimbangan beban yang dicover  adalah lampu karena faktor urgensi atau pasti dibutuhkan. Berikut adalah beberapa paket SHS termasuk komponennya.

1.Paket PLTS Tersebar SHS 200 Wp

SHS 200 Wp terdiri atas 2 unit panel surya yang telah memiliki efisiensi lebihdari 15% tersertifikasi, 2 unit baterai kapasitas 100Ah, 1 unit solar charge controller PWM 10A 12V, lampu LED Bulb 5W dengan saklar dan 10 unit fitting. Pake ini sudah termasuk kotak baterai pelastik ABS 2 unit, kabel 2x2.5 mm (20m), kabel 2x1.5 mm (50m), tiang penyangga 1 unit, aksesoris 1 set, dan kotak peralatan 1 unit.

2.Paket SHS 100 Wp

Paket ini terdiri darI 2 unit panel surya 50Wp. Paket ini sudah termasuk 1 unit controller, 3 unit lampu DC TL 10 W, 1 set box baterai dan inverter 500 W, 1 unit baterai VRL AGM 12V 100Ah. Aksesoris kabel solar cell 7 m, kabel lampu 25 m, bracket, kabel baterai, saklar, dan stop kontak juga sudah tersedia. Dengan kapasitas 100 Wp, kita bisa menggunakan untuk beberapa lampu di rumah. Lampu DC yang diberikan juga bisa langsung terkoneksi ke panel surya tanpa harus melewati inverter.

3.Paket SHS 80Wp

Paket 80Wp ini melingkupi solar cell 12V 80Wp, aki kering atau basah sebagai baterai 12V 65/85A, box baterai ABS/ besi indoor, controller 12V 10A, 3 buah lampu Bulp/ TL LED 12V 5W, inverter 12V 500W, kabel NYYHY 2x2.5 mm dan 2x1.5mm, serta bracket, penyangga, dan tiang penyangga 1,5m beserta aksesoris.

4.Paket SHS 60Wp

SHS 60Wp paketnya terdiri atas solar cell 12V 50W, aki kering atau basah 12V 65A, box baterai ABS/ besi indoor, controller 12V 10A, 3 buah lampu Bulp/ TL LED 12V 5W, inverter 12V 300W, serta pelengkap berupa kabel NYYHY 2x2.5mm dan 2x1.5mm,  bracket, penyangga, tiang penyangga 1,5m serta aksesoris lainnya.

5.Paket SHS 50Wp

Paket ini adalah paket terkecil yang tersedia di pasaran, terdiri atas solar cell 12V 50Wp,aki kering atau basah 12V 65A, controller 12V 10A, lampu Bulp/ TL LED 12V 5W 3 buah, inverter 12V 300W, kabel NYYHY 2x2.5mm dan 2x1.5mm, bracket, penyangga, dan tiang penyangga 1.5m, serta aksesoris.




Perawatan SHS dibutuhkan agar PV selalu maksimal mengeluarkan output listrik. Cara untuk merawat SHS antara lain:

1.Panel surya dibersihkan minimal satu bulan sekali dengan kain lap. Jangan melempar benda keras ke panel agar tidak pecah. Selain itu, jaga panel agar tidak terhalang dengan bayangan pohon atau lainnya.

2.Penggunaan lampu dipakai sesuai kebutuhan. Kabel sebaiknya jangan ditarik-tarik dan selalu diperiksa apakah terkelupas atau putus.

3.kontroller dibersihkan minimal tiga bulan sekali dengan kain lap. Hindari controller dari debu dan percikan api.

4.Selalu periksa baterai minimal dua bulan sekali. Periksa air aki agar selalu cukup dan tidak kurang dari batas yang ditentukan. Bersihkan kutub baterai dari kotoran dan jangan sampai kabel dan kutub baterai tertukar.

Disamping tersedianya pilihan paket SHS serta mudahnya perawatan dan lamanya lifetime PV dan komponennya, kita dapat menghemat pengeluaran untuk listrik. Dan secara tidak langsung kita menjadi bagian dari penjaga bumi agar tetap hijau.





Share This
Latest
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 komentar: